Mapping Permendagri No.90 Tahun 2019
Pengentrian dan mapping kegiatan ke aplikasi arosukaplan.solokkab.go.id

By admin 20 Mar 2020, 11:16:55 WIB Litbang dan Pengendalian Perencanaan
Mapping Permendagri No.90 Tahun 2019

Keterangan Gambar : Pengenterian Program Kegiatan di Rocky Hotel


Arosuka-Barenlitbang, Perencanaan pembangunan daerah merupakan hal yang penting dalam proses pencapaian visi misi daerah, karena dalam perencanaan tersebut terdapat kegiatan, tahapan, maupun strategi dalam mencapai target pembangunan daerah yang tertuang dalam visi dan misi daerah. Berdasarkan PP No.17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan nasional memberikan kriteria bahwa untuk pelaksanaan perencanaan pembangunan harus sinkron dengan pelaksanaan penganggaran.

Permendagri No.90 Tahun 2019 merupakan ketentuan implementatitf dari penerapan Sistem Informasi Perencanaan Daerah (SIPD). Permendagri No.90 Tahun 2019 sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyediakan dan menyajikan informasi secara berjenjang dan mandiri berupa penggolongan/pengelompokan, pemberian kode, dan daftar penamaan menuju single codebase untuk digunakan dalam penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan kinerja keuangan.

Barenlitbang Kabupaten Solok melalui Sekretaris Barenlitbang, Ir. Desmalia Ramadhanur, mengajak seluruh SKPD untuk memahami Permendagri No.90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Permendagri No.90 Tahun 2019 ini merupakan perubahan dari Permendagri No. 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang mengatur dari program hingga ke sub program. Dalam peraturan itu jika kita lihat bagi daerah tentu lebih memudahkan kita. Artinya fokus rincian kegiatan itu sudah jelas, termasuk sumber pembiayaan setiap program dan kegiatannya” tutur Ir. Desmalia dalam pembukaanya.

“Untuk itu selama 3 hari kedepan kita akan melakukan pengenterian program dan kegiatan ke aplikasi arosukaplan.solokkab.go.id. Saya berharap agar seluruh SKPD mampu memahami kebutuhan program, kegiatan, dan sub kegiatan” tutupnya.

Pengenterian ini dilakukan di Rocky Hotel Padang selama 3 hari dari tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2020.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?

Komentar Terakhir

  • iphone vr headset

    Easy to fly and affordable drones have caused all the buzz this year, but with so ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Drones are unmanned remotely controlled flying vehicles that also can be used for ...

    View Article
  • LG VR

    With drones becoming increasingly popular amongst individuals and businesses, new ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video