EVALUASI PELAKSANAAN SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP) PERSIAPAN PELAKSANAAN DI TINGKAT SEKOLA
Evaluasi Pelaksanaan SBUP tingkat SD

By admin 04 Des 2017, 13:24:31 WIB Pemerintahan, Sosial dan Budaya
EVALUASI PELAKSANAAN SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP)  PERSIAPAN PELAKSANAAN DI TINGKAT SEKOLA

Keterangan Gambar : SUBP tingak SD


Arosuka–Barenlitbang, berdasarkan keputusan dari Kepala Daerah mengenai program Sekolah Umum Berbasis Pesantren ini untuk Tahun Anggaran 2018 nantinya akan dimulai dari tingak SD, yang ditujukan sebagai sarana untuk mendidik watak generasi penerus yang berprestasi dan agamais, dimana evaluasi pelaksanaan program SUBP dihadiri oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta UPT Pendidikan terkait yang dilaksanakan di ruang rapat Bukit Cambai Barenlitbang, senin (04/12).

H. Dusral, SE. MM Kepala Barenlitbang menyampaikan “pada tahun depan (red. 2018) untuk program Sekolah Umum Berbasis Pesantren akan dilaksanakan dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), dinana dengan tujuan utama sebagai pembentuk watak dan kepribadian pelajar sebagai generasi penerus bangsa kedepannya, yang sangat berkaitan dengan masa depan daerah.

“untuk pelaksanaan pada program SUBP, sangat dimintakan untuk kelibatan dari pihak UPT sehingga progres / evaluasi dapat terlaksana dengan baik” tutupnya.

H. Hanafi, S.Pd. M.Pd Kabid Pemsos Barenlitbang berujar “pelaksanaan proses belajar mengajar pada program SUBP ini disesuaikan dengan SPM dan kebutuhan daerah”.

“untuk tingkat Kabupaten proses SUBP telah dilaksanakan oleh 17 (tujuh belas) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan setiap Kecamatan telah ditunjukkan beberapa sekolah sebagai sekolah percontohan yang telah berjalan selama 1 (satu) semester” lanjutnya

“direncanakan kedepannya SUBP akan diwacanakan pada tingkat SD, untuk pelaku kegiatan akan dilaksanakan pada kelas 4 s.d 6, dimana sebagai tenaga guru pengajar nantinya akan diharapkan informasi lebih lanjut dari pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok” tutupnya.

Dr. Nila Kusumawati dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyatakan “untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan juli 2018 tingkat SD akan sangat mengalami kewalahan, karena kurikulum yang telah disusun sehingga akan sangat rancu dalam pelaksanaan kedepan”.

“diharapkan adanya tenaga ahli dalam penyusunan kurkulum sehingga sekolah percontohan akan dapat terlaksana dengan baik, dengan 3 (tiga) tahap pembelajaran dalam program SUBP tingak SD, seperti Pembiasaan, Tatap Muka, dan Ekstrakurikuler” ujar Nila.

Pembelajaran SUBP tingkat SD ini diusulkan untuk lebih menitik beratkan terhadap Fiqih dalam pelaksanaan beribadah, serta untuk penyusunan kurikulum disusun oleh tenaga ahli.

Sekolah yang akan ditunjuk adalah sekolah dasar yang merupakan rayon dari SMP yang telah melaksanakan program SUBP sebelumnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?

Komentar Terakhir

  • iphone vr headset

    Easy to fly and affordable drones have caused all the buzz this year, but with so ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Drones are unmanned remotely controlled flying vehicles that also can be used for ...

    View Article
  • LG VR

    With drones becoming increasingly popular amongst individuals and businesses, new ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video