BERITA

RAPAT KOORDINASI DATA TAHUN 2018

23 Apr 2018 13:28 Barenlitbang 145 Kali

Arosuka–Barenlitbang, tindak lanjut dari tujuan kesamaan data oleh Pemerintahan di Kabupaten Solok serta kelanjutan dari Rapat Forum Data pada 04 (empat) april yang lalu, maka Barenlitbang melaksanakan Rakor Data untuk Tahun 2018 yang dibuka langsung Kepala Bupati dengan dihadiri oleh seluruh SKPD  di Lingkup Pemerintahan Kabuapten Solok dengan mendatangkan narasumber dari pihak BPS Propinsi Sumatera Barat dan BPS Kabupaten Solok, yang dilaksanakan diruang Pertemuan Solok Nan Indah, kamis (19/04).

Gusmal, SE. MM Bupati Solok menyampaikan “data merupakan sumber informasi bagi seluruh stake holder dan masyarakat, dengan data yang tepat maka perencanaan yang dilakukan juga akan tepat sasaran, mulai dari tingkat nagari sampai dengan SKPD mempunyai data sendiri-sendiri yang kadang-kadang tidak sesuai dengan kondisi ril dilapangan”

“dengan data yang benar maka dalam pengajuan permohonan Dana Alokasi Umum ke pusat sesuaidengan Kebutuhan Daerah, diharapkan semua data dari SKPD dan wali nagari yang diberikan harus benar, jangan ada yang dibuat-buat” lanjutnya.

“dengan rakor ini saya harapkan dihasilkan sistim satu data (informasi) se Kabupaten Solok, kita sangat dirugikan sekali dengan data yang beragam dalam mengusulkan penambahan dana DAU, dengan kegiatan ini diharapkan ada satu kesepakatan nantinya tentang penggunaan satu data yang akan kita pakai secara Nasional” pungkasnya.

  1. Dusral, SE. MM menyatakan “kita butuh komitmen dari semua unit untuk mendapatkan data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, dimulai dari setiap Wali Nagari, Camat dan Kepala SKPD harus mempunyai data statis dan data dinamis”.

Arius Jonaidi Kepala BPS Kabupaten Solok berujar “sumber data berasal dari tiga sumber data, seperti Data Dasar, Data Sektoral dan Data Khusus”

“dalam membuat data, pihak BPS sangat membutuhkan kerjasama dari SKPD teknis terutama mengenai data sektoral, untuk mengumpulkan data dasar, BPS melakukan 3 kegiatan setiap tahunnya, yaitu sensus, survey dan kompilasi produk administrasi” tutupnya.

Hefinur, SE. ME dari BPS Propinsi Sumatera Barat melanjutkan “PMTB merupakan investasi berupa fisik, kemajuan daerah dapat diukur dengan besaran PMTB, hal ini merupakan salah satu perwujudan dari tujuan pembangunan Nasional yaitu, prioritas keempat, PMTB bertujuan untuk menentukan besaran investasi disegala bidang, nilai investasi Kabupaten Solok berada pada angka 31,19% lebih tinggi dari nilai investasi Propinsi Sumatera Barat yang berada diangka 29,89%”.

Wali Nagari, Camat dan SKPD harus menunjuk satu orang petugas untuk mengolah data, kesepakatan bersama untuk pemakaian satu data di Kabupaten Solok.

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

BERITA LAINYA

UJI PUBLIK RANPERBUP PERENCANAAN TENAGA KERJA

11 Des 2018 15:10 Barenlitbang 9 Kali

Arosuka–Barenlitbang, rapat lanjutan dan uji publik rancangan Peraturan Bupati Solok tentang Pere...

EVALUASI DAN PRESENTASI RKM OLEH KETUA KKM

10 Des 2018 10:55 Barenlitbang 14 Kali

Arosuka–Barenlitbang, dalam mengevaluasi pendataan alokasi nagari penerima manfaat prgoram PAMSIM...

PENYUSUNAN DOKUMEN RTK KABUPATEN SOLOK TAHUN 2018 - 2023

30 Nov 2018 17:08 Barenlitbang 34 Kali

Padang–Barenlitbang, acara penyusunan draft final dokumen dan pembahasan rancangan Peraturan Bupa...

PERUBAHAN PERDA NO. 4 TAHUN 2016

30 Nov 2018 17:02 Barenlitbang 35 Kali

Padang–Barenlitbang, perubahan RPJMD 2016 - 2021 telah dimulai sejak 2017, dimana RPJMD Kabupaten...

BIMBINGAN TEKNIS PENGENTRIAN RENSTRA

30 Nov 2018 17:05 Barenlitbang 28 Kali

Padang–Barenlitbang, menuju Pemerintahan Kabupaten Solok yang baik dan bersih, diperlukannya peny...