PELAKSANAAN FOCUS GROUP DISSCUSSION (FGD) III PENYUSUNAN KAJIAN NILAI TUKAR PETANI
FGD III

By admin 27 Jul 2017, 12:18:25 WIBEkonomi

PELAKSANAAN FOCUS GROUP DISSCUSSION (FGD) III  PENYUSUNAN KAJIAN NILAI TUKAR PETANI

Keterangan Gambar : FGD III NTP


Padang–Barenlitbang, demi keseragaman Nilai Tukar Petani di Kabupaten Solok diperlukan bahan pertimbangan dalam penyusunan yang diharapkan kebijakan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dimana Nilai Tukar ini dapat dijadikan patokan tahun dasar perhitungan NTP ditahun-tahun berikutnya.

Barenlitbang kembali menggandeng Universitas Andalas, Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan dan Pangan dalam pembahasan penyusunan kajian Nilai Tukar Petani di Daima Hotel Padang (25/07).

“hasil dari penyusunan kajian NTP dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga dapat malahirkan kebijakan yang mendukung peningkatan kesejahteraan petani sesuai dengan RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2016 – 2021” ucap Ir. Desmali Ramadhanur, Sekretaris Barenlitbang Kabupaten Solok.

“Nilai Tukar Petani sangat di pengaruhi oleh indek terima dan indek yang di bayarkan. Petani sejahtera jika indek terima lebih besar dari pada indek yang di bayarkan. Dalam upaya meningkatkan  indek terima, dengan upaya yang harus dilakukan petani berupa peingkatan produktifitas, efisiensi dengan menekan biaya produksi dan operasional, serta nilai tambah” sambut Prof. Helmi Ketua Tim Ahli Penyusun NTP.

“pada umumnya, komoditi pertanian yang diterapkan oleh petani masih bersifat single comodity, seperti halnya jagung, dimana yang dijual masih berbentuk butiran, padahal limbah jagung dan tongkol jagung masih bisa dimanfaatkan selase pakan ternak” sambung helmi.

“kabupaten solok dari tahun ke tahun cenderung terjadi penurunan kontribusi PDRB dari sektor pertanian, padahal pertanian merupakan sektor prioritas karena didukung oleh luasnya areal pertanian dan jumlah penduduk yang pada umumnya merupakan petani” tambahnya.

“dalam peningkatan pemasaran komoditi pertanian, petani perlu melakukan inovasi – inovasi dengan pemanfaatan IT. Salah satu contoh pengembangan pemasaran produk pertanian dengan pemanfaatan IT adalah Limakilo.com, Aruna yang di kelola oleh anak-anak muda. Sistem pemasaran yang seperti dapat memutus jalur distribusi pemasaran, sehingga petani mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandikan dengan penjualan secara manual. Pemberdayaan sarjana-sarjana yang belum mendapat pekerjaan berpotensi dalam pengembangkan pertanian. Namun sebelumnya tentu perlu diseleksi, antara lain dengan melihat bakat, kemampuan berhitung dan integritas yang dimiliki” tutupnya.

“jika ingin mencapai indek pertanaman (IP) nasional dengan mengupayakan rekayasa genetika (salibu), pengairan yang baik, pembasmian hama penyakit (tikus), jajar legowo, pola tanam serentak  yang merupakan salah satu upaya pembasmian hama tikus namun terkendala dengan masalah pengairan” ujar Miharta Maria, S.Pt Sekretaris Dinas Pertanian.

“belum adanya ternak dan peternakan yang terdata dengan benar, sehingga belum bisa menentukan daerah sentra peternakan di Kabupaten Solok” ucap Christin Sophin.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. doa sholat dhuha 16 Sep 2017, 20:29:54 WIB

    pada umumnya, komoditi pertanian yang diterapkan oleh petani masih bersifat single comodity, seperti halnya jagung, dimana yang dijual masih berbentuk butiran, padahal limbah jagung dan tongkol jagung masih bisa dimanfaatkan selase pakan ternak

    iphone vr headset 08 Nov 2017, 01:36:12 WIB

    Modern Drones are incredible machines that are capable of doing amazing things in the marine and yachting environment. 

    drones for kids 13 Nov 2017, 23:13:21 WIB

    Use the ancient art of storytelling to spin an emotional tale that taps into your customer's right brained, emotional and creative side. Combined with an appeal to logic through well chosen benefits and features, such a three-pronged approach in your marketing copy and sales presentations should result in more sales and better response rates.

    cheap drones 20 Nov 2017, 01:01:58 WIB

    Are you willing to Purchase Best Affordable Drones? Then you come to the right place; you will find the list of best cheap drones for your consideration.

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?

Komentar Terakhir

  • cheap drones

    Are you willing to Purchase Best Affordable Drones? Then you come to the right ...

    View Article
  • drones for kids

    Use the ancient art of storytelling to spin an emotional tale that taps into your ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Modern Drones are incredible machines that are capable of doing amazing things in the ...

    View Article
  • harga processor intel

    dasar KUA-PPAS ini adalah RPJMD Kabupaten Solok, Renstra SKPD dan RKPD, serta nantinya ...

    View Article