KAJIAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH (FEW) KABUPATEN SOLOK
FEW Kabupaten Solok

By admin 10 Okt 2017, 15:36:16 WIBEkonomi

KAJIAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH (FEW) KABUPATEN SOLOK

Keterangan Gambar : FEW Kabupaten Solok


Arosuka–Barenlitbang, sesuai dengan data BPS Tahun 2016, jumlah penduduk Kabupaten Solok 363.684 orang dengan fokus pertanian dari Pilar Ekonomi Kerakyatan sebesar 54,8%.

Kajian Pertumbuhan Ekonomi Wilayah ini dimaksudkan tujuan dan kegiatan dengan mengevaluasi 5 (lima) Tahun terah, sektor lapangan yang memiliki peran dan kontribusi yang besar untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi selama 5 (lima) terakhir di wilayah Kabupaten Solok, arah dan kebijakan investasi baik yang berasal dari dana APBN, APBD maupun swasta, ketersediaan dan peran infrastruktur di wilayah dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonmi, serta ketersediaan dan peran lembaga keuangan dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonmi. Merumuskan arah dan kebijakan yang tepat dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Solok Tahun 2016 – 2021, dilaksanakan Barenlitbang dengan menghadirkan SKPD terkait lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok serta pihak Tim Ahli dari Fekon Unand, selasa di Ruang Rapat Bukit Cambai Barenlitbang Kabupaten Solok (10/10).

“pertumbuhan ekonomi sebagai Pilar Ekonomi Kerakyatan merupakan salah satu target kinerja di RPJMD Kabupaten Solok, pertumbuhan ekonomi tergantung dari investasi yang masuk di Kabupaten Solok, diharapkan dengan adanya kajian ini dihasilkan masukan untuk kenaikan ekonomi Kabupaten Solok dapat tumbuh dari seluruh sektor” sambut Ir. Desmalia Ramadhanur Sekretaris Barentlibang.

Sri Maryati, SE. M.Si selaku Tim Fekon Unand berujar “pertumbuhan ekonomi ditentukan dari SDM untuk rata-rata usia sekolah, Indoensia kualitasnya masih dibawah rata-rata, SDA harus jelas komoditas atau produk unggulan daerah, modal masih banyak berharap dari Pemerintah, kondisi masyarakat, serta manajemen anggaran dalam pengektifan dana”

Sesuai data PDRB Kabupaten Solok 2010 – 2016 Kontribusi lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan masih mendominasi, namun ada kecendrungan penurunan, namun berdasarkan laju pertumbuhan lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan lebih rendah dibandingkan lapangan usaha lainnya

H. Dusral, SE. MM menutup “rekomendasi yang dihasilkan harus baik menurut kita (pemerintah daerah) dan baik juga untuk masyarakat.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?

Komentar Terakhir

  • cheap drones

    Are you willing to Purchase Best Affordable Drones? Then you come to the right ...

    View Article
  • drones for kids

    Use the ancient art of storytelling to spin an emotional tale that taps into your ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Modern Drones are incredible machines that are capable of doing amazing things in the ...

    View Article
  • harga processor intel

    dasar KUA-PPAS ini adalah RPJMD Kabupaten Solok, Renstra SKPD dan RKPD, serta nantinya ...

    View Article